ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS DI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKes MAHARANI MALANG

  • Nanik Susanti STIKES Maharani Malang
Keywords: Implementasi, Metode Student Centered Learning, Asuhan Ibu Nifas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada mata kuliah asuhan kebidanan ibu nifas di program studi kebidanan STIKes Maharani Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran disusun RPS (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dalam tahap pelaksanaan proses pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan silabus dan metode yang digunakan dalam pembelajaran asuhan kebidanan ibu nifas adalah menggunakan metode ceramah (CTJ) untuk menjelaskan materi konsep dasar dan menerapkan  metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) seperti metode Small Group Discussion, Role play, Problem Based Learning dan demonstrasi. Pada tahap evaluasi pembelajaran dilakukan penilaian dalam bentuk tes tertulis, penilaian praktikum dan penilaian penugasan. Dengan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) mahasiswa lebih aktif dan mandiri  dalam mengikuti proses belajar mengajar baik di kelas maupun di laboratorium dan hasil prestasi akademik mahasiswa rata-rata baik dengan mendapatkan nilai dalam kategori A dan B. Secara teknis tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL).

References

Sumani, Mukhlas.2011.Belajar dan Pembelajaran.Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Permenristek Dikti RI No. 44 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Kurdi, Fauziah.2009. ForumKependidikan,Volume 28,Nomor2. FKIPUnsri.

Dewajani,S.2008. MateriPelatihanSCL , PembelajaranStudent Centered Learning.Yogyakarta

Moleong J.Lexy.(2015).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Satori Djam’an, Komariah Aan, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Wiriatmaja (2005). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles,M.B.Huberman.A,M.1987.Quality Data Analysis.A Sourcebook of New Method.Beverly Hills:Sage Publication

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaiful, B.Djamarah.2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Published
2019-10-31
How to Cite
Susanti, N. (2019). ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS DI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKes MAHARANI MALANG. Health Care Media, 3(6), 49 - 55. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/92
Section
Healt Care Media