pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap penurunan hipertensi pada lansia di Desa wirun

  • Lilis sulistiya nengrum stikeswch
Keywords: Penurunan tekanan darah sistole, lansia, hipertensi dan musik langgam jawa.

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit degeneratif dan kardiovaskuler, yang merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di indonesia. Hipertensi sendiri menepati urutan ke-2 setelah Diabetes Melitus, dan sebagian besar dari mereka adalah para lansia. Penyembuhan seseorang tidak hanya berupa obat-obatan tapi juga dengan olahraga dan menggunakan terapi, salah satunya adalah terapi musik, mudah untuk diaplikasikan. Dengan mendengarkan musik maka penderita hipertensi dapat berpikiran rileks dan mengurangi tingkat stress yang menyebabkan tekanan darah naik (Hipertensi). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap penurunan tekanan darah sistole pada lansia hipertensi di Ds. Wirun Kutoarjo Purworejo Jawa Tengah Tahun 2016. Metode Penelitian ini adalah pra-Eksperimen dengan menggunakan pendekatan one-group pre-post test design yaitu mengukur tekanan darah sistole sebelum dan sesudah dilakukan terapi musik langgam jawa, Besar sampel 34 lansia dengan cara pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Penelitian dilakukan di Ds. Wirun Kutoarjo Purworejo Jawa Tengah, bulan Oktober-November 2016. Analisis data dilakukan dengan uji paired t-test. penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik langgem jawa terhadap penurunan tekanan darah sistole pada lansia hipertensi di Ds. Wirun Kutoarjo Purworejo Jawa Tengah. Hasil Penelitian ini didapatkan hasil uji analisis data nilai signifikasi (p) 0,000, dimana nilai tersebut (p < 0,05), maka Ho ditolak, dan Ha diterima maka artinya ada pengaruh yang bermakna pemberian Terapi Musik Langgam Jawa terhadap penurunan tekanan darah sistole pada lansia hipertensi di Ds.Wirun Kutoarjo Purworejo Jawa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan Adanya pengaruh pemberian terapi musik langgam jawa terhadap penurunan tekanan darah sistole pada lansia hipertensi di Ds. Wirun Kutoarjo Purworejo Jawa tengah.

References

Amalia Kusnul. 2007. Hipertensi dan Resiko dalam epidemiologi.(internet). dalam: http://ridwanamiruddin.wordpress.com/2007/12/08/hipertensi -dan-faktor-risikonya-dalam-kajian.
Basha A. 2006. Pusat jantung nasional harapan kita hipertensi faktor resiko dan penatalaksanaannya. Jakarta: Renika Cipta
Astawan, Made. (2009). Cegah Hipertensi Dengan Pola Makan. http://zamagung.student.umm.ac.id/2010/07/09/artikel-kesehatan-blitar/ Beevers, D. G. (2000). Tekanan Darah. Jakarta : Dian Rakyat. Diakses pada tanggal 18 maret 2012. Pukul 17.00 Wib.
Bustan Mn.2007. epidemiologi penyakit tidak menular. Jakarta: Rineka Cipta
Corwin, EJ. 2000. Buku Saku Patofisiologis Umum dan Sistemik Edisi 2. Jakarta: EGC.
Dewi. S & Familia. D, (2012). Hidup Bahagia Dengan Hipertensi. Yogjakarta: A. Plus.
Djohan Duranjaya Rbei. 2006. Terapi Musik. Yogyakarta: Agromedia Pustaka.
Ganong, W. 2002. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC.
Gunawan Gan Sulistia. 2007. Farmakologi dan Terapi (Edisi 5). Badan Penerbit FKUI. Jakarta.
Hitchock, et Al. (2009). Community health nursing: Caring in action. USA: Delmar Publisher
Jain, Ritu. (2011). Pengobatan Alternatif untuk Mengatasi Tekanan Darah. Jakarta: Gramedia.
Manjoer, Arif. 2001. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 1. Jakarta: Media Aesculapius.
Margareth. (2010). Pengobatan Komplementer terhadap Profesi Keperawatan.119Yogyakarta: Nuha Medika.

Monty, Setiadarma (2005). Hipertensi [internet]. Tersedia dalam: http ://www. Rahasia Otak dan Musik.com.[Diakses 1 juli 2012].
Notoatmojo, Soekijo. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarata.
Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, edisi 2. Jakarta: Salemba.
Ode, Sharif La. (2012). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setyadarma. 2002. Terapi Musik dan Terapi Warna. Yogyakarta: Agromedia Pustaka.
Riwidigdo.H. 2006. Statistik kesehatan belajar mudah teknik analisis data dalam penelitian kesehatan ( plus aplikasi sofwer spss), Yogyakarta : Mitra Cendikia press
Sholeh. 2005. Agama Sebagai Terapi Telaah Menuju Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suddart & Brunner. 2002. Buku Ajar Medikal Bedah. Buku Kedokteran . EGC. Jakarta.
Sugiyono.2008. Statistik untuk penelitian. Bandung : alvabeta
Tambayong, Jan. 2000. Patofisiologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC
Tagor, H. 2003. Buku Ajar Kardiologi. Jakarta: EGC
Taruna Yuda. 2009. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Perubahan Tekanan darah[internet]Tersedia di :http://infojambi.com/if/kesehatan/3348-terapi-musik-atasi-strees-dan-hipertensihtm/(Diakses 10 juli 2012).
Tirta Iwan. 2009. Musik Langgem Jawa [internet] Tersedia dalam: http:/www.Visit-Solo.com/Keroncong.php/[Diakses 13 juni 2012].
Triani, Lilis. dkk. (2012). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Berobat Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Ngaliyan Semarang.
Wahdah, Nurul. (2011). Menaklukkan Hipertensi Dan Diabetes (Mendeteksi, Mencegah dan Mengobati dengan Cara Medis dan Herbal). Yogyakarta: MultiPress
Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC
WHO. 2001. Pengendalian Hipertensi Laporan Komisi Pakar WHO, Bandung: ITB
Published
2020-04-29
How to Cite
nengrum, L. (2020). pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap penurunan hipertensi pada lansia di Desa wirun. Health Care Media, 4(1), 6 - 11. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/76
Section
Healt Care Media