HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TERHADAP KUNJUNGAN BALITA DI DESA GONDANGLEGI

  • Nurfitria Dara Latuconsina Program Studi D-III Kebidanan, STIKes Widya Cipta Husada Kepanjen
  • Poppy Farantia Saputri Program Studi D-III Kebidanan, STIKes Widya Cipta Husada Kepanjen
  • Herlia Rachma Yunita Program Studi D-III Kebidanan, STIKes Widya Cipta Husada Kepanjen
Keywords: Kunjungan Balita, Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita

Abstract

Tahun 2015 masih banyak Balita yang belum mengikuti posyandu khususnya untuk wilayah Jawa Timutr. Jumlah Balita ditimbang di Jawa Timur sebesar (80,3%), artinya masih belum maksimal cakupan kunjungan posyandu di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu Balita terhadap kunjungan Balita di Posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Variabel independent penelitian adalah pengetahuan dan sikap ibu Balita, dan variabel dependent penelitian adalah kunjungan Balita di Posyandu. Populasi penelitian adalah semua ibu yang mempunyai Balita di Posyandu 17 Desa Gondanglegi Wetan yang berjumlah 57 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Setelah data terkumpul dianalisa menggunakan uji chi-square test dengan angka keyakinan (ɑ = 0,05). Data disajikan dalam bentuk tabulasi silang dengan kriteria penilaian: Ha diterima jika signifikan ρ < 0,05, Ha ditolak jika signifikan ρ > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu Balita dengan kunjungan Balita di Desa Gondanglegi dengan ρ value (0.539) dan ada hubungan antara sikap ibu Balita dengan kunjungan Balita Desa Gondanglegi dengan ρ value (0.011). Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan bahwa ibu balita lebih mengerti tentang pentingnya kunjungan di Posyandu yang berguna untuk memantau perkembangan anaknya.

References

[1] Kemenkes RI. 2015. Pedoman Teknis Pemantauan Status Gizi. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI.
[2] Kemenkes RI, 2010. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
[3] Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat,Prinsip Prinsip Dasar. Jakarta:Rineka Cipta.
[4] Meilani,N. 2009. Kebidanan Komunitas. Yogyakarta:Fitramaya.
[5] Depkes RI, 2007. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Surabaya:Bakti Husada.
[6] UNICEF. 2012. “Early Childhood-Parenting Programs”. Online. (http://www.unicef.org/earlychildhood/index.40754.html, diakses tanggal 02 Maret 2016).
[7] Kemenkes RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI.
[8] Rokhayati, Siti. 2015. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Menstruasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Di SMP Islam Soerjo’alam Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Malang. Program studi DIII Kebidanan. STIKes Widya Cipta Husada.
Published
2018-04-30
How to Cite
Latuconsina, N., Saputri, P., & Yunita, H. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TERHADAP KUNJUNGAN BALITA DI DESA GONDANGLEGI. Health Care Media, 3(3), 17 - 21. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/68