HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KANJURUHAN KABUPATEN MALANG
Abstract
Layanan keperawatan yang berkualitas dapat mempengaruhi persepsi pasien terhadap kepuasan mereka, yang pada gilirannya dapat memengaruhi tingkat kepercayaan dan kenyamanan pasien selama perawatan di IGD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang. Desain penelitian ini adalah cross-sectional study, sampel dalam penelitian yaitu 314 pasien di IGD RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, dengan menggunakan purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan. Variabel dependen penelitian ini adalah kepuasan pasien. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik bivariat yang digunakan mengunakan Spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang IGD RSUD Kanjuruhan (pvalue< 0,05). Semakin baik mutu pelayanan keperawatan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan keperawatan, khususnya di IGD, untuk meningkatkan kepuasan pasien serta mendorong rumah sakit untuk terus melakukan perbaikan dalam pelayanan kesehatan.
References
2. Etlidawati, & Diyah Yulistika Handayan. (2018). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, 15(3), 142–147.
3. Kemenkes, R. (2019). Keptusan Menteri Kesehatan Indonesia Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksanan Nyeri. 5–10.
4. Kepmenkes No. 856 (2009) Standart pelayanan Instalasi Gawat Darurat.
5. PERMENKES No. 129 (2008). Standart Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
6. Misbahuddin. (2022). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN STAGNAN TERHADAP LAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. In Universitas Hasanuddin (Vol. 33, Nomor 1). Universitas Hasanuddin.
7. Mutmainnah, U., Ahri, R. A., & Arman. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Muslim Community Health (JMCH), 2(1), 1–23. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/488
8. Oktavianti, Devy, I., & Abadi, Y. (2022). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS BIRU BONE. Hasanuddin Journal of Public Health, 1(1), 83–91.
9. Rohadi, P. (2018). HUBUNGAN LAMA TINGGAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IGD RSUD SIDOARJO. 14(5), 1–23.
10. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.