PENGARUH ANGER MANAGEMENT (MANAJEMEN MARAH) TERHADAP TINGKAT RESIKO PERILAKU BULLYING PADA REMAJA PUTRA MA DI PONDOK PESANTREN BABUSSALAM KABUPATEN MALANG

PENGARUH ANGER MANAGEMENT (MANAJEMEN MARAH) TERHADAP TINGKAT RESIKO PERILAKU BULLYING PADA REMAJA PUTRA MA DI PONDOK PESANTREN BABUSSALAM KABUPATEN MALANG

  • Mahmudatul Istiqomah Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada
Keywords: bullying, anger management, remaja

Abstract

Bullying merupakan tindakan terhadap orang lain yang menimbulkan tekanan, dan berdampak pada mental maupun fisik. Kasus bullying menjadi masalah serius khususnya pada remaja. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegeh permasalahan bullying yaitu dengan anger management atau manajemen marah. Anger management adalah teknik untuk mengatur pikiran, perasaan, amarah dengan cara yang tepat dan positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh anger management terhadap tingkat resiko perilaku bullying. Desain penelitian menggunakan Pre Experimental dengan metode One Group Pre-Post Design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tingkat resiko perilaku bullying, dengan uji validitas 0,361 dan uji reliabilitas 0,761 berdasarkan Cronbach Alpha. Populasi dari penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling berjumlah 48 responden dengan kriteria inklusi remaja pertengahan berusia 15-18 tahun dan kriteria eksklusi remaja dalam keadaan sakit sehingga tidak dapat dilakukan pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat resiko bullying remaja dari kategori sedang ke kategori rendah. Berdasarkan analisa data dengan uji statistik repeated measure anova didapatkan nilai p=0,000 (<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh anger management terhadap penurunan tingkat resiko perilaku bullying pada remaja. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menerapkan teknik anger management dengan metode yang berbeda

References

Agisyaputri (2023) ‘Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja’, 3, pp. 19–30. Available at: https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152.
Athi, Linda, R. (2015) ‘Mengalami Bullying di Pesantren : Mengamankan Diri Sendiri Walaupun tiada gunanya’, pp. 49–55.
Baiti, N. . and Setiawati, D. (2023) ‘Studi Tentang Regulasi Emosi Pada Peserta Didik Korban Bullying Di SMP Negeri 58 Surabaya’, Jurnal BK Unesa, 13(2), pp. 189–198. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/52680.
Elok Sudibyo, B. J. (2016) ‘PENGEMBANGAN INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR FISIKA : ANGKET’, 1(1).
Hamidah, M. (2020) ‘Religiusitas dan perilaku bullying pada santri di pondok pesantren’, Psycho Holistic, 2(1), pp. 141–151. Available at: http://journal.umbjm.ac.id/index.php/psychoholistic.
Hudaya, N. F. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Mengelola Emosi Marah melalui Teknik Anger Management pada Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhamadiyah 1 Moyudan’, 4(7), pp. 1–11.
Imam Wijaya (2015) ‘Penerapan kebiasaan pribadi efektif stephen covey untuk meningkatkan perilaku positif karyawan’, 12(2), pp. 193–216.
Indria, R. R. and Prasetyo, I. J. (2017) ‘Pengaruh Tayangan Sinetron Anak Jalanan Terhadap Perilaku Agresif Murid SMP Muhammadiyah 6 Surabaya’, Jurnal Kajian Media, 1(2), pp. 157–165. doi: 10.25139/jkm.v1i2.503.
Irfa (2023) ‘Hubungan Persepsi Teman Sebaya Terhadap Peristiwa Bullying Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Hidayah’, 6, pp. 729–739.
Kusuma, A. A. (2023) ‘Gambaran Religiusitas Penyitas Bullying pada Remaja Madura yang Tinggal di Pondok Pesantren’, 10(02), pp. 4–7.
N Fanny (2018) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bullying Pada Remaja Di Smp Pgri 1 Padang’.
Nurhayati (2020) ‘Mengembangkan Perilaku Sosial Anak TK Di Kelompok B1 Melalui Metode Demonstrasi’, 04(2), pp. 216–226.
Pradnyasari, P. A. and Tjakrawiralaksana, M. A. (2021) ‘Efektivitas Penerapan Anger Management Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Pada Remaja Laki-Laki’, Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi, 5(1), pp. 19–29.
Rahmat, N. I., Hastuti, I. D. and Nizaar, M. (2023) ‘Analisis Faktor - Faktor yang Menyebabkan Bullying’, 7(6), pp. 3804–3815.
U. Masturo, Kholisotin, Y. . A. (2020) ‘Efektifitas Penyuluhan Kesehatan tentang SADARI dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Demonstrasi terhadap Perilaku WUS dalam Melakukan SADARI U . Masturo *, 2 Kholisotin , 3 Y . D Agustin , Program Studi D-III Keperawatan , Universitas Bondowoso * Em’, 3(2), pp. 141–154.
Untari, I. and Putri (2018) ‘Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Kesehatan Psikologis Remaja’, Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 15(2), p. 106. doi: 10.26576/profesi.272.
Yunere, F. (2015) ‘Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Marah terhadap Perilaku Kekerasan pada Siswa SMK Negeri 1 Bukittinggi’.
Yusmanjiar, M. A. (2018) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuam tantang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Perilaku Perawatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun di SD Islam Al Amal Jaticempaka’.
Published
2025-04-23
How to Cite
Istiqomah, M. (2025). PENGARUH ANGER MANAGEMENT (MANAJEMEN MARAH) TERHADAP TINGKAT RESIKO PERILAKU BULLYING PADA REMAJA PUTRA MA DI PONDOK PESANTREN BABUSSALAM KABUPATEN MALANG. Health Care Media, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.70633/2721-6993.256
Section
Healt Care Media