PENGARUH PEMERIKSAAN LUMBOSACRAL DENGAN PROYEKSI LATERAL TERHADAP HASIL RADIOGRAF VERTEBRA PADA KASUS LOW BACK PAIN

  • Agus Wiyantono STIKes Widya Cipta Husada Malang
  • Sri Wagiarti STIKes Widya Cipta Husada Malang
Keywords: pemeriksaan lumbosacral, proyeksi lateral, vertebra, low back pain

Abstract

Low back pain merupakan suatu penyakit atau kelainan yang ditandai dengan gejala utama rasa nyeri di daerah tulang punggung bawah dan sekitarnya. Dalam  menunjang diagnosis low back pain diperlukan pemeriksaan radiologi lumbosacral. Umumnya pemeriksaan vertebra lumbosacral dengan kasus low back pain menggunakan proyeksi Antero Posterior (AP) dan lateral tanpa menggunakan wedge. Padahal hal ini sangat mempengaruhi hasil radiograf. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimental. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah melihat gambaran vertebra. Perlakuan pada kasus low back pain pada penelitian ini adalah proyeksi lateral menggunakan wedge dan  proyeksi lateral tanpa wedge. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan adalah pasien dengan permintaan pemeriksaan lumbosacral dengan proyeksi lateral dengan kasus low back pain. Setiap  sampel  akan  dilakukan  dua  kali ekspose,  yaitu  ekspose  pertama, pemeriksaan lumbosacral lateral tanpa menggunakan wedge, dan ekspose kedua, menggunakan wedge. Dari radiograf yang dihasilkan maka dapat diketahui gambaran vertebra. Dengan melihat gambaran vertebra maka lebih mudah untuk mendiagnosis low back pain. Dalam  penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemeriksaan lumbosacral dengan proyeksi lateral menggunakan wedge didapatkan besarnya  prosentase  hasil gambaran intervertebra  joint sebanyak  60  % terbuka  dan proyeksi lateral tanpa wedge pada kasus low back pain  didapatkan besarnya  prosentase  hasil gambaran intervertebra  joint sebanyak  20  % terbuka. Sehingga dalam pemeriksaan  lumbosacral pada   klinis low back  pain sebaiknya  menggunakan  proyeksi lateral dengan wedge  karena  dapat  memperlihatkan vertebra lebih terbuka. Pada pemeriksaan lumbosacral dengan proyeksi lateral pada kasus low back pain dapat menampakkan anatomi foramen intervertebralis L1-L4, corpus vertebra, space intervertebra, procesus spinosus, L5-S1.

References

[1] Rasad, Sjahriar. 2009. Radiologi Diaknostik,Diaknostik imeging, Edisi Kedua. Jakarta : FKUI.
[2] Rahim, Agus Hadian. 2012. Vertebrae. Jakarta:Departemen Ortopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin.
[3] Pearce, C. Evelyn. 2008. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis.Jakarta: Gramedia
[4] BATAN. 2004. Proteksi Radiasi. BATAN. Jakarta.
[5] Ballinger, Philip W. 2003. Merrill’s Atlas of Radiographic Positions and Radiologic Procedures. Tenth Edition. Volume 1. Missouri : Mosby Inc.
[6] Bontrager, Kenneth L. 2001, Textbook of Radiographic Positioning and Related Anatomy. Fifth Edition. Missouri : Mosby, Inc.
Published
2017-03-30
How to Cite
Wiyantono, A., & Wagiarti, S. (2017). PENGARUH PEMERIKSAAN LUMBOSACRAL DENGAN PROYEKSI LATERAL TERHADAP HASIL RADIOGRAF VERTEBRA PADA KASUS LOW BACK PAIN. Health Care Media, 3(1), 32 - 38. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/25