ANALISIS KEBUTUHAN RAK PENYIMPANAN BERKAS REKAM MEDIS RUANG FILING DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH HASTA HUSADA

  • Carolina Gloria Oru Ndaya
  • Desi Syahbaniar

Abstract

Ketersediaan rak penyimpanan di rumah sakit khusus bedah Hasta Husada masih sangat terbatas. Hal ini menyebabkan banyaknya berkas rekam medis yang berceceran di lantai. Tujuan dari penelitian ini adaalh untuk menganalsiis kebutuhan rak penyimpanan berkas ekam medis ruang filling di Rumah Sakit Khusus Bedah hasta Husada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. populasi yang dibutuhkan yaitu dokumen rekam medis pasien rawat inap dan rawat jalan. Sistematika sampel yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak rumah sakit perlu menambah 1 rak penyimpanan untuk 2 tahun kedepan dengan memperhatikan jarak antar rak, tinggi rak,  luas ruangan serta ukuran berkas yang dimasukkan ke dalam rak.

 

Kata-kata Kunci. Kebutuhan rak, penyimpanna berkas rekam medis, ruang filling

References

1. Hatta GR. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI Press; 2008.
2. Sholikhah DE, Hastuti NM. Pelaksanaan Retensi Dokumen Rekam Medis Aktif Dan In Aktif di RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. J Rekam Medis. 2017;11(2):97–104.
3. Dewi WS, Mutmainnah S. RANCANGAN KEBUTUHAN RAK DAN LUAS RUANGAN PENYIMPANAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT PUTRI HIJAU. J Ilm Perekam dan Inf Kesehat Imelda. 2020;5(1):1–9.
Published
2024-04-30
How to Cite
Ndaya, C., & Syahbaniar, D. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN RAK PENYIMPANAN BERKAS REKAM MEDIS RUANG FILING DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH HASTA HUSADA. Health Care Media, 8(1), 25-29. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/241
Section
Healt Care Media