ANALISIS PENGGUNAAN SPREADSHEET DALAM PENCEGAHAN DUPLIKASI REKAM MEDIS DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

  • Amadeus Ryan Arya Bima STIKES Panti Waluyo

Abstract

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) berisikan riwayat medis pasien, dokter bisa mengontrol kesehatan pasien dengan lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penggunaan spreadsheet dalam pencegahan duplikasi rekam medis dengan pendekatan (TAM) di Puskesmas Kedungkandang Kota Malangg. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Juni 2023. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling ,jenis penelitian yaitu kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa berdasarkan uji statistic Spearman's rho diketahui bahwa : (1) terdapat hubungan antara persepsi Perceived Usefulness dengan persepsi actual system usage dengan diperoleh hasil P-value = 0.029 (P< 0,05) ; (2) tidak terdapat hubungan antara persepsi Perceived Usefulness dengan Persepsi Behavioral Intention of Use dengan diperoleh hasil P-value = 0.222 (P > 0,05); (3) tidak terdapat hubungan antara Perceived Ease of Use dengan Behavioral Intention of Use dengan hasil P-value = 0.484 (P > 0,05); (4) tidak terdapat hubungan antara Perceived Ease of Use dengan Actual system usage dengan diperoleh hasil P-value = 1.000 (P > 0,05); (5) tidak terdapat hubungan antara Behavioral Intention of Use dengan Actual system usage dengan diperoleh hasil P-value = 0.484 (P > 0,05).

References

1. Roziqin MC, Mudiono DRP, Amalia N. Analisis Penerimaan SIMPUS Ditinjau dari Persepsi Pengguna di Puskesmas Mojoagung dengan Metode TAM. J Teknol Inf dan Ilmu Komput. 2021;8(1):47.
2. Mahendra I. Penggunaan technology acceptance model (TAM) dalam mengevaluasi penerimaan pengguna terhadap sistem informasi -pada PT . ari jakarta. Sist Inf STMIK Antar Bangsa. 2016;5(2):183–95.
3. Rumana NA, Apzari EI, Dewi DR, Indawati L, Yulia N. Penerimaan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model di RSUP Fatmawati. Fakt Exacta. 2020;13(1):44.
4. Christopher A, Tirtana A, Aditya A. Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Bca Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). J Teknoinfo. 2022;16(2):452.
Published
2023-11-01
How to Cite
Arya Bima, A. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN SPREADSHEET DALAM PENCEGAHAN DUPLIKASI REKAM MEDIS DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG KOTA MALANG. Health Care Media, 7(2), 85-90. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/226
Section
Healt Care Media