HUBUNGAN FAKTOR SOSIO-EKONOMI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA ANC (ANTENATAL CARE) DI PUSKESMAS KARTASURA TAHUN 2021

jurnal kesehatan

  • Devi nofita sari universitas
Keywords: faktor sosio ekonomi, kualitas layanan, kepuasan, pengguna ANC

Abstract

Latar Belakang: Antenatal care (ANC) merupakan prosedur rutin yang dilakukan oleh bidan dalam proses pelayanan pada ibu hamil hingga persiapan persalinan. Upaya penurunan angka kematian dan kesakitan pada ibu hamil yaitu dengan meningkatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan atau ANC (antenatal care) terpadu dan komprehensif. Tujuan: Menganalisis hubungan antara faktor sosio-ekonomi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna ANC di Puskesmas Kartasura tahun 2021. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 96 orang ibu hamil. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Uji statistik dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil: ada hubungan antara kepuasan pengguna ANC dengan pendidikan (p = 0,003), pendapatan (p = 0,001), tangible (p = <0,001, assurance (p = <0,001), responsiveness (p = <0,001) dan tidak ada hubungan antara kepuasan pengguna ANC dengan reliability (p = 0,479) dan empathy (p = 0,227). Kesimpulan:  ada hubungan antara kepuasan dengan pendidikan, pendapatan, tangible, assurance, dan responsiveness dan tidak ada hubungan antara kepuasan dengan reliability dan empathy. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan variable yang bervariasi serta diharapkan puskesmas dapat meningkatkan kualitas layanan terutama dalam fasilitas dan kelengkapan alat pemeriksaan kehamilan.

References

Batubara, R. A., Hakimi, M., & Rosidah, L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Dalam Antenatal Care Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 12(3), 520–526. https://doi.org/10.35730/jk.v12i3.505
Badan Pusat Statistik. (2021). Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sukoharjo 2020/2021. BPS Kabupaten Sukoharjo.
BPS Kabupaten Sukoharjo. (2021). Kecamatan Kartasura dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Sukoharjo.
Dinkes Jateng. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
Dinkes Jateng. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. http://dinkesjatengprov.go.id/v2018/dokumen/profilkesehatan2020/mobile/index.html
Dinkes Sukoharjo. (2020). Profil Kesehatan Kabupaten Sukoharjo 2019.
Dwijayanti, A. D., & Wulandari, F. C. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care di Wilayah Kerja Puskesmas Panjatan II Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 10(2), 1–12. https://e-journal.akbid-purworejo.ac.id/index.php/jkk19/article/view/32/27
Harahap, D. R., & Utami, T. N. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 di Kota Binjai. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(2), 162–165. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf12211
Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019.
Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Lilis, D. N. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pelayanan ANC di Bidan Kungkai. 1(1), 13–19.
Maesaroh, T. S., Ulfiana, E., & Octaviana, D. A. (2020). Relationship of service quality dimensions with service satisfaction antenatal care. Journal of Applied Health Management and Technology, 2(4), 128–136.
Nurpahmi, I., & Emilia. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Bulan Juni Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 35–40. http://lp3m.thamrin.ac.id/upload/jurnal/JURNAL-1519703430.PDF
Sampouw, N. L. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasaan Ibu Hamil. Jurnal Skolastik Keperawatan, 4(2), 32–48. https://doi.org/10.35974/jsk.v4i2.714
Tyastuti, S. (2016). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Published
2022-05-25
How to Cite
sari, D. (2022). HUBUNGAN FAKTOR SOSIO-EKONOMI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA ANC (ANTENATAL CARE) DI PUSKESMAS KARTASURA TAHUN 2021. Health Care Media, 6(1), 31-42. https://doi.org/10.70633/2721-6993.194