TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS PENDAFTARAN DI RS KHUSUS BEDAH HASTA HUSADA

  • Irma Wulandari ITKM WCH
Keywords: Kepuasan Pasien, Komunikasi Petugas Kesehataan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan respons evaluative dan afektif  yang terkait dengan mutu pelayanan yang diberikan Rumah Sakit serta harapan pasien terhadap pelayanan tersebut. Kepuasan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Kemampuan komunikasi interpersonal petugas pendaftaran merupakan salah satu faktor pendukung dalam memberikan kepuasan pada pasien dalam proses pelayanan kesehata. Tujuan penellitian ini adalah Mengetahui tingkat kepuasan pasien berdasarkan komunikasi interpersonal petugas pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada  Metode pada penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada, dengan jumah sampel 39 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas (66,7%), dan penilaian terhadap komunikasi interpersonal petugas pendaftaran sebagian besar responden menilai baik (74,4%), Maka disarankan pada petugas pendaftaran di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada agar lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan cara berlatih secara langsung maupun mengikuti pendidikan formal atau informal mengenai komunikasi

References

Agus Riyanto. 2009. “Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
April Nuryanto, S.pd. (Ed). 2000. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV ALFABETA Dr Sugiyono
Arikunto S. 2008. “Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : Rineka Karya
Devito Joseph A. 2011. “Komunikasi Antar Manusia”. Pamulang Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group
Kotler Philip. 2002. “Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian”. Terjemahan A.B Susanto. Jakarta: Salemba empat
Mumu Like J, Kandou Grace D, Doda Diana V. 2015. “Analisis Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado”, (Online), (https://ejournal .unsrat.ac.id, Diakses 11-06-2021)
Muninjaya G. 2012. “Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan”. Jakarta: EGC
Nawawi Hadari. 2007. “Metode Penelitian Bidang Sosial”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Notoatmodjo S. 2012. “Metodologi Penelitian Kesehatan”. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. 2015. “Metodologi Ilmu Keperawatan”. Jakarta: Salemba Medika
Oisina Ilona Vicenovie, Osidhi IR Vitamaya. 2018. “Korelasi Komunikasi Interpersonal Efektif & Kualitas Layanan Tim Medis Terhadap Kepuasan Pasien”, (Online), (https://core.ac.uk, Diakses 08-05-2021)
Parasuraman A, Valarie Z, dan Leonard B. 1985. “A Conseptual Model of Service Quality and Its Implications For Future Research”. Jurnal of Marketting (Fall), 41-50.
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang PENYELENGGARAAN BIDANG PERUMAHSAKITAN
Permenkes. 2010 No. 340/Menkes/per/III/2010, Tentang “Klasifikasi Rumah Sakit”
Permenkes. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tentang “Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit”, (Online), (http://hukor.kemkes.go.id, Diakses 14-07-21)
Pohan Chairil Anwar. 2013. “Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Riadi Muchlisin. 2016. “Pengertian, Cara Mengukur dan Faktor yang MempengaruhiKepuasanPasien”,(Online),(http://www.kajianpustaka.com, Diakses 17-06-21)
Sabarguna B S. 2008. “Rekam Medik Terkomputerisasi”. Jakarta: UI Press.
Sarmiati Elva Ronaning Roem. 2019. “Komunikasi Interpersonal”, (Online), (http://repo.unand.ac.id, Diakses 08-06-2021)
Soeparmanto & Astuti. 2016. “Program akselerasi peningkatan gizi masyarakat, Depkes (http://depkes.go.id)

Sugiyono, 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta
Sujarwo Amyvia Natasha. 2017. “Tingkat Kemampuan komunikasi Interpersonal Dalam Berpacaran”, (Online), (https://repository.usd.ac.id, Diakses 11-06-2021)
Syamsudin, Istiqomah Ria Rahmatul, Purnama Heru. 2019. “Gambaran Komunikasi Interpersonal Petugas Pendaftaran Pasien Terhadap Kepuasan Pelayanan di Puskesmas Karang Pule", (Online), (https://arteri .sinergis.org, Diakses 07-05-2021)
Ulva Fadillah. 2017. “Gambaran Komunikasi Efektif Dalam Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit Kota Padang”, (Online),(https://ejournal.sumbarprov.go.id, Diakses 15-06-21)
Yanti Nur. 2013. “Gambaran Kepuasan pasien Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba kabupaten Luwu utara”, (Online), (http://repositori.uin-alauddin.ac.id, Diakses 07-05-2021)
Published
2022-05-10
How to Cite
Wulandari, I. (2022). TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS PENDAFTARAN DI RS KHUSUS BEDAH HASTA HUSADA. Health Care Media, 6(1), 51-57. https://doi.org/10.70633/2721-6993.189