PERBANDINGAN PENGGUNAAN AIR DENGAN SUHU 7OC DAN SUHU 32OC PADA LARUTAN MEDIA KONTRAS BARIUM SULFATE TERHADAP HASIL RADIOGRAF COLON IN LOOP

  • Sri Martono Rumah Sakit Syaiful Anwar
  • Nine Dessy HospitaWatie STIKes Widya Cipta Husada
  • Yeni Cahyati STIKes Widya Cipta Husada
Keywords: Air, Suhu, Media Kontras, Gambaran Radiograf, Colon In Loop

Abstract

Pemeriksaan colon in loop adalah suatu teknik pemeriksaan secara radiologis dari colon dengan menggunakan media kontras yang dimasukkan secara retrograde. Dalam pemeriksaan colon in loop menggunakan media kontras positif yaitu barium sulfate. Dalam penggunaannya, barium sulfate seharusnya dicampur dengan air yang bersuhu 32oC namun di lapangan menggunakan air dengan suhu 7oC. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kualitas gambaran radiograf antara penggunaan air dengan suhu 7oC dan suhu 32oC pada larutan media kontras colon in loop.
Desain penelitian ini menggunakan eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian air dengan suhu 7oC dan 32oC saat dicampur dengan media kontras yang diberikan kepada empat orang sampel. Sedangkan variabel terikat adalah kualitas gambaran radiograf. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar kuisioner yang diberikan kepada tiga orang dokter spesialis radiologi dan tiga orang radiografer.
Hasil dari penelitian ini adalah pada pemeriksaan colon in loop sebaiknya menggunakan air dengan suhu 32oC sebagai campuran media kontras. Karena dengan menggunakan suhu 32oC hasil gambaran radiograf dapat sangat jelas terlihat sehingga diagnosa dokter radiologi dapat lebih akurat.

References

[1] Bontrager, L. Kenneth. 2001.Textbook of Radiographic Positioning and Related Anantomy. America: Mosby.
[2] BAPETEN. 2011. Pedoman Proteksi Radiasi di Rumah Sakit dan Tempat Praktek Lainnya. Jakarta: BAPETEN.
[3] Puspita,Yayuk Ika. 2013. “Makalah Proteksi Radiasi Internal”, (Online), (https://biofis.wordpress.com/2013/03/1 7/makalah-proteksi-radiasi-proteksi radiasi-internal diakses pada tanggal 16 Oktober 2016).
[4] Lubis, Ardhianti Putri. 2014. “Pengetahuan Mahasiswa Kepaniteraa n Klinik terhadap Bahaya Radiasi pada Salah Satu Fakultas Kedokteran Gigi di Denpasar Bali”, (Online), (http://repository.usu.ac.id/handle/1234 5678 76 diakses 14 Oktober 2016).
Published
2017-09-30
How to Cite
Martono, S., HospitaWatie, N., & Cahyati, Y. (2017). PERBANDINGAN PENGGUNAAN AIR DENGAN SUHU 7OC DAN SUHU 32OC PADA LARUTAN MEDIA KONTRAS BARIUM SULFATE TERHADAP HASIL RADIOGRAF COLON IN LOOP. Health Care Media, 3(2), 44 - 48. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/18