Analisis Kuantitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Gondanglegi

  • Sela Rika Khoirun Nisa' ITKM WCH Malang
Keywords: Analisis Kuantitatif, Dokumen Rekam Medis

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu sarana pelayanan kesehatan yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan rekam medis meliputi kelengkapan, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan informasi untuk kebutuhan pelayanan kesehatan. Rekam medis yang lengkap dan akurat dapat digunakan sebagai referensi pelayanan kesehatan, dasar hukum (medico legal), menunjang informasi untuk meningkatkan kualitas medis, riset medis dan dijadikan dasar menilai kinerja pelayanan kesehatan. Rekam medis bermutu jika memenuhi kriteria: kelengkapan isi, keakuratan, ketepatan waktu dan pemenuhan aspek hukum. Hasil studi pendahuluan ditemukan terdapat beberapa dokumen pasien rawat jalan di Puskesmas Gondanglegi Kabupaten Malang yang tidak terisi dengan lengkap, sebagian besar dokumen tidak terisi di bagian pelaporan penting,  autentifikasi, dan  pendokumentasian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelengkapan dokumen berdasarkan analisis kuantitatif di Puskesmas Gondanglegi. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah dokumen pasien rawat jalan, dengan jumlah sampel 95 dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 99% identifikasi sudah terisi lengkap, laporan penting 81% lengkap, autentifikasi 54% lengkap dan pendokumentasian 39% lengkap. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ketidak lengkapan  terbanyak pada review pendokumentasian yaitu 61%. Sebagai solusi untuk meningkatkan kelengkapan pengisian rekam medis yaitu bagi Puskesmas Gondanglegi dapat membuat kebijakan reward dan punisment, panduan dan SPO tentang pengisian rekam medis.

References

REFERENSI
Hatta, Gemala R. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Disarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI-Press.
Armay, Edlani Y. 2009. Analisis ketidaklengkapan Tugas Akhir. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.
Skurka, M. F. (1984). Organization of Medical Record Departments in Hospital. Chicago: American Hospital Publishing.
Edna K. Huffman. 1994. Health Information Management, Edisi 10. Berwyn Illionis: Physicians’record company.
Hatta, Gemala. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI-PRESS.
Abdelhak, M. (2001). Health Information of a Strategic Resource 2nd Edition.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi
Published
2021-11-15
How to Cite
Khoirun Nisa’, S. (2021). Analisis Kuantitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Gondanglegi. Health Care Media, 5(2), 88 - 95. https://doi.org/10.70633/2721-6993.178
Section
Healt Care Media