MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENOLONG KORBAN HENTI JANTUNG DENGAN PELATIHAN RESUSITASI JANTUNG PARU (RJP) PADA SISWA KELAS X TKJ SMKN WIDANG

  • Moh. Ubaidillah Faqih IIK NU TUBAN
Keywords: Pelatihan pendukung RJP dasar, siswa, orang awam, keterampilan untuk penanganan korban henti jantung

Abstract

Penanganan korban henti jantung membutuhkan penanganan segera karena dapat mengancam jiwa tindakan resusitasi jantung paru (RJP) merupakan penentu penting dalam kelangsungan hidup korban. Sebenarnya bantuan RJP tidak mudah dilakukan, terutama untuk siswa atau orang awam, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) terhadap keterampilan menolong korban henti jantung pada siswa kelas X TKJ SMKN Widang.

Penelitian ini menggunakan pre eksperimental desain. Dengan cara melibatkan satu kelompok eksperimen. Jenis one-group pre test-post test design yang bertujuan untuk menentukan pengaruh sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok eksperimen, yang dilakukan pada 33 responden. teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu simple random sampling. instrument pengumpulan data menggunakan observasi, dengan 9 aspek penilaian dan berbentuk checklist.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) terhadap keterampilan menolong korban henti jantung pada siswa kelas X TKJ SMKN Widang. Hasil menunjukkan bahwa tingkat keterampilan meningkat dari 0 (0%) menjadi 8 (24%), tingkat keterampilan meningkat dari 5 (15%) menjadi 16 (49%), tingkat keterampilan menurun dari 28 (85%) menjadi 9 (27%). ini dibuktikan dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai p : 0,002 (ɑ < 0,05).

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) dapat digunakan sebagai cara alternative untuk meningkatkan keterampilan penanganan korban henti jantung. Untuk penelitian lanjut diharapkan untuk mengembagkan pelatihan pendukung resusitasi jantung paru dengan metode lain untuk meningkatkan keterampilan siswa atau orang awam dalam menangani korban henti jantung.

References

American Heart Association (AHA), (2011). http://www.heart.org/HEARTORG/CPRAndECC/ WhatisCPR/CPRFactsandStats/CPRStatistics_UCM_307542_Article.jsp
Arikunto, S, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT.Rineka Cipta, Jakarta.
Fajarwati, H, (2012), Basic Life Support Tim Bantuan Medis FK UII. Di Unduh Dari http://medicine.uii.ac.id/index.php/berita/Basic-Life-Support-Tim-Bantuan-Medis-FK-UII.html
Notoatmodjo,S,2007, Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni, Rineka Cipta, Jakarta Pro
Nursalam, 2017, Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.
Rosyid Fachrizal Moh, 2017, Perbedaan Pemberian Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Terhadap Skill Resusitasi Jantung Paru Pada Pasien Henti Jantung Di SMK Pertanian Pembangunan “Wiyata Bakti” Sengkaling, Nursing News Volume 3, Nomor 1, 2018, http://publikasi.unitri.ac.id/index.php/ fikes/article/download/837/650
Widyatun, 2005 Ilmu Perilaku, Cetaka Pertama, Jakarta: Rineka Cipta
Published
2021-11-15
How to Cite
Faqih, M. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENOLONG KORBAN HENTI JANTUNG DENGAN PELATIHAN RESUSITASI JANTUNG PARU (RJP) PADA SISWA KELAS X TKJ SMKN WIDANG. Health Care Media, 5(2), 61 - 66. https://doi.org/10.70633/2721-6993.170