KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TAHTUL YAMAN KOTA JAMBI TAHUN 2020

  • Rahmat Oktady Bardani -
Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di Kota Jambi masih banyak menerima tanggapan yang diterima dari pasien yang dikunjungi juga berobat di Puskesmas. Penelitian ini membahas tentang kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Tahtul Yaman pada tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain  cross sectional . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini mendapatkan tingkat kepuasan di puskesmas Tahtul Yaman adalah 82,80%, yang berarti tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Tahtul Yaman kurang memuaskan. Bedasarkan 5 (lima) dimennsi MUTU Pelayanan kesehatan, Tingkat Kepuasan terendah Terdapat pada dimensi Empati ( Emphaty ) Yaitu sebesar 80,43% dan Tingkat Kepuasan tertinggi Terdapat pada dimensi Jaminan ( Jaminan ) Yaitu sebesar 88,21%. Penelitian ini meminta agar petugas Puskesmas dapat melakukan perbaikan pelayanan agar tercapainya kepuasan pasien.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

 

ABSTRAK

 

Kepuasan pasien adalah salah satu tujuan meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Layanan kesehatan di kota Jambi masih banyak tanggapan tidak memuaskan yang diperoleh dari pasien yang mengunjungi atau mencari perawatan di pusat kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan dengan kualitas layanan di Tahtul Yemen Public Health Center pada tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 95 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tingkat kepuasan di Tahtul Yemen Community Health Center adalah 82,80%, yang berarti bahwa keseluruhan tingkat kepuasan pasien di Tahtul Yemen Health Center kurang memuaskan. Berdasarkan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan kesehatan, tingkat kepuasan terendah ada pada dimensi Empati (Emphaty) yaitu 80,43% dan tingkat kepuasan tertinggi ada pada dimensi Assurance yaitu 88,21%. Studi ini menunjukkan bahwa staf Puskesmas dapat meningkatkan layanan mereka sehingga kepuasan pasien tercapai.

 

Kata kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan

References

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta
Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta.
Librianty, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan Tahun 2017. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 1. No. 2.
Wahyuni, D.D. (2013). Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Jember. (Tidak dipublikasikan).
Pohan, Imbalo S.. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.
Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Published
2021-06-28
How to Cite
Bardani, R. (2021). KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TAHTUL YAMAN KOTA JAMBI TAHUN 2020. Health Care Media, 5(1), 1 - 7. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/144
Section
Healt Care Media