ANALISIS KUANTITATIF LEMBAR RESUME MEDIS RAWAT INAP PASIEN PENYAKIT DALAM PERIODE TAHUN 2018 DI RUMAH SAKIT ISLAM GONDANGLEGI MALANG

  • Eny Yuniati STIKes Widya Cipta Husada
Keywords: Lembar Resume Medis, Analisa Kuantitatif, Penyakit Dalam

Abstract

Dalam rekam medis yang lengkap diperoleh informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di antaranya adalah sebagai alat untuk analisis dan evaluasi terhadap mutu pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Dalam peningkatan mutu pelayanan diperlukan adanya pengendalian terhadap pengisian dokumen rekam medis. Analisis kuantitatif merupakan salah satu program menjaga mutu dengan cara membandingkan semua catatan yang ada dalam rekam medis dengan standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis lembar resume medis pasien rawat inap pasien penyakit dalam melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan kelengkapan dan ketidaklengkapan review identifikasi pasien adalah 100% dan ketidaklengkapan review identifikasi pasien adalah 0%. Berdasarkan kelengkapan review pelaporan yang penting adalah 51% dan ketidaklengkapan review pelaporan yang penting adalah 49%. Berdasarkan kelengkapan review autentifikasi adalah 89% dan ketidaklengkapan review autentifikasi  adalah  11%.  Berdasarkan  kelengkapan  review pendokumentasian adalah 76% dan ketidaklengkapan review pendokumentasian adalah 24%. Untuk mengurangi angka ketidaklengkapan sebaiknya pihak RSI Gondanglegi membuat prosedur yang lebih terinci mengenai kelengkapan lembar rekam medis rawat inap dan selanjutnya di sosialisasikan kepada dokter maupun unit keperawatan.

References

Andryan sarjono ricky, 2015. Analisa Kelengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Kasus Penyakit Dalam Pada Triwulan 1 Tahun 2015. Di RSUD Kanjuruhan Kepanjen.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Rekam Medis. Jakarta : Departemen Kesehatan RI
Hatta, Gemala. 2012. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan DisaranaPelayanan Kesehatan. Universitas Indonesia
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 983/MenKes/SK/XII/1992 tentang tugas rumah sakit. Jakarta ; Departemen Kesehatan RI.
Lubis angginia Nita. 2009. Gambaran pengetahuan tenaga kesehatan dengan Ketidaklengkapan Isian Resume Medis Rawat Inap Di Rs.Hospital Cinere Tahun 2009. Skripsi tidak diterbitkan. Program studi sarjana kesehatan masyarakat kekhususan manajemen informasi kesehatan universitas indonesia. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Ed.Rev. Jakarta : Rineka Cipta.
Permenkes no. 269/ 2008 UU no. 29/2004, dikutib tgl 20/03/2016 Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.269/MENKES/PER/III/2008tentang Rekam Medis. Jakarta : Departemen Kesehatan RI.
Sapa’ati 2014. Kelengkapan Pengisian Persetujuan (Informed Consent) Pada Penanganan Kasus Bedah Di Rumah Sakit Khusus Bedah Hasta Husada Kepanjen Periode Triwulan Pertama Tahun 2014. Skripsi tidak diterbitkan. Program studi DII Rekam Medis Stikes Widya Cipta Husada Kepanjen.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, dikutib tgl 27/03/2016.
Ery rustyanto, 2010. Etika Profesi Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan. Jakarta: Graha Ilmu.
Salamah, Alfi Yeni 2015. Analisis Kuantitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Kasus Bedah Di Rsud Kanjuruhan Kepanjen.Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi DIII Rekam Medis Stikes Widya Cipta Husada Kepanjen.
Published
2020-05-05
How to Cite
Yuniati, E. (2020). ANALISIS KUANTITATIF LEMBAR RESUME MEDIS RAWAT INAP PASIEN PENYAKIT DALAM PERIODE TAHUN 2018 DI RUMAH SAKIT ISLAM GONDANGLEGI MALANG. Health Care Media, 4(1), 25 - 31. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/134
Section
Healt Care Media