Pengaruh Distraksi Audiovisual Terhadap Nyeri Saat Pemasangan Infus pada Pasien Anak di IGD RSUD Bangil

  • Indung Susilo Sekti Kirono Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Widya Cipta Husada Malang
Keywords: Audiovisual, Nyeri Anak, Distraksi

Abstract

Pada pasien anak yang datang ke Instalasi Gawat Darurat, prosedur medis sering kali menyakitkan, menyebabkan keseluruhan pengalaman tidak menyenangkan.Kombinasi antara distraksi pendengaran (audio) dan distraksi penglihatan (visual) disebut distraksi audiovisual, digunakan untuk mengalihkan perhatian pasien terhadap hal yang membuatnya tidak nyaman, cemas atau takut sehingga mengabaikan rasa tidak nyaman dan menunjukkan respons penerimaan yang baik.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh ditraksi audiovisual terhadap nyeri saat pemasangan infus pada pasien anak di IGD RSUD Bangil.Desain penelitian ini adalah “Pre-Eksperimental Design dengan rancangan Intact-Group Comparison yaitu dengan mengukur pengaruh perlakuan (intervensi) pada kelompok eksperimen dengan cara membandingkan kelompok tersebut dengan kelompok kontrol.Terdapat perbedaan yang signifikan yaitu diketahui pada kelompok kontrol bahwa sebagian besar responden kategori nyeri berat sebanyak 2 orang (66,6%), dan hampir separuh kategori nyeri sedang yaitu 1 orang (33,3%) dan pada kelompok intervensi sebagian besar responden kategori nyeri ringan sebanyak 2 orang (66,6%), dan hampir separuh kategori nyeri sedang yaitu 1 orang (33,3%).Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh ditraksi audiovisual terhadap nyeri saat pemasangan infus pada pasien anak di IGD RSUD Bangil. Hasil penelitian ini dapat digunakan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian agar ditambahkan waktu penelitian sehingga memperbanyak responden.

References

1. Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi Cetakan ke 2, Jakarta : Rineka Cipta.
2. Rasha Srouji, dkk. 2010. Pain in Children: Assessment and Nonpharmacological Management. Journal online (PMCID: PMC2913812).
3. Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
4. Pelatihan Perawat PICU.RS Dr.Soetomo. Surabaya. 2012
5. Jeffrey & Scott. 2012. Master Plan Kedaruratan Medik. Binarupa Aksara. Tangerang
6. Margaret E.A. Hand Book of Clinical Nursing Pricella L.M. &Kaven M.B. 2010. Medical Surgical Nursing. New York: Addison Wesley
7. Thygerson. 2011. Firts Aid Pertolongan Pertama. Edisi Kelima. Erlangga
8. Donna.D. et.all. 2012. Medical Surgical Nursing: A Nursing process approach. The C.V. Mosby Co.
9. Black, J.M. &Matassarin E, 2012. Medical Surgical Management for continuity Nursing: Clinical of care. J.B. Lippincott.co.
10. Supartini. (2014). Konsep Dasar Keperawatan Anak: Jakarta: EGC
Published
2019-04-30
How to Cite
Sekti Kirono, I. (2019). Pengaruh Distraksi Audiovisual Terhadap Nyeri Saat Pemasangan Infus pada Pasien Anak di IGD RSUD Bangil. Health Care Media, 3(5), 31-36. Retrieved from https://stikeswch-malang.e-journal.id/Health/article/view/105
Section
Healt Care Media